TRANSPLANTASI TERUMBU KARANG Oleh Pemuda Pecinta Alam Tanah Bumbu (PPA Tanbu)

 

             Terumbu Karang merupakan komunitas unik diantara komunitas laut lainnya dan terbentuk dari aktivitas biologi. Terumbu Karang merupakan ekosistem khas perairan tropik yang merupakan habitat berbagai biota laut untuk tumbuh dan berkembang biak dalam kehidupan yang seimbang. Sifat yang menonjol dari Terumbu Karang adalah Produktifitas dan Keanekaragamannya yang tinggi, Jumlah Spesies yang banyak danbentuk Morfologi yang sangat variatif dan biomassa yang besar. Namu sekarang ini Terumbu Karang secara terusIMG-20170830-WA0099 menerus mengalami Penurunan baik dari segi jumlah maupun varietasnya akibat berbagai aktivitas manusia baik di darat maupun di laut. Cara-cara penangkapan ikan yang menggunakan bahan peledak, bahan kimia beracun masih banyak dijumpai di beberapa daerah.

             Disisi lain kesadaran masyarakat masih rendah terhadap masalah pelestarian atau konservasi sumber daya yang mengakibatkan semakin menambah sulitnya pengelolaan sumber daya Terumbu Karang secara rasional. Dalam upaya menanggulangi masalah tersebut khususnya dalam rangka memulihkan kembali fungsi dan peranan ekosistem Terumbu Karang sebagai habitat biota laut, perlu segera diambil tindakan nyata untuk menjaga kelestarian Ekosistem Karang melalui upaya pemulihan sumber daya Terumbu Karang yang sudah mengalami kerusakan.

             Hari Minggu pagi tanggal 28 Agustus 2017 di Desa Sungai Dua Laut, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu. Kelompok Pemuda Pecinta Alam Tanah Bumbu (PPA Tanbu) melakukan kegiatan Transplantasi Terumbu Karang dengan tema “Conecting People To Nature”yang bertujuan Menjaga melestarikan Terumbu Karang, Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pemuda kepada masyarakat akan manfaat dan peranan Terumbu Karang, mendemonstrasikan teknik transplantasi karang kepada pemuda dan masyarakat serta menanamkan kesadaran atas pentingnya menjaga kelestarian biota laut yang ada di kabupaten Tanah Bumbu

     Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu sangat mendukung Kegiatan pemulihan yakni Transpalantasi Terumbu Karang dengan mengirimkanStaf Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu untuk mendaIMG-20170827-WA0052mpingi kegiatan tersebut, bersama Ketua IPKANI Tanah Bumbu, Eko Prio Raharjo, S.Pi dan Komunitas Fastabiqul Khairat serta Masyarakat Sekitar berhasil melakukan kegiatan penanaman sebanyak 60 Bibit Karang dengan metode yang di gunakan relatif mudah dan tingkat efesiensinya tinggi sehingga lebih efektif dalam proses pembuatan dan aplikasinya yaitu menggunakan media substrat semen (cor) dan pipa paralon sebagai tempat di ikatkannya sampel yang akan di transplantasikan. Metode ini sendiri dipilih karenaLebih kokoh dan kuat, cocok untuk obyek penelitian, cocok untuk karang bercabang dan bernilai ekonomis dan efektif serta tahan lama dan ramah lingkungan.

       Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan dari (PPA Tanbu), Desi Indah Saputri mengatakan Mengapa kegiatan tersebut memilih pantai Sungai Dua Laut, karena di perairannya terdapat 10 titik karang dan juga tidak kalah dari Pantai Angsana yang punya satu titik yaitu karang Batu Anjir, namun sayangnya jarang di kembangkan sehingga bisa rusak oleh arus dan juga di tabrak kapal yang lalu lalang jika air tidak pasang.

         Ditempat yang sama, menurut  Pembina Pemuda Pecinta Alam Tanah Bumbu (PPA Tanbu) menyampaikan harapan ke depannya yakni kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi ekosistem karang yang rusak sehingga dapat mendukung ketersediaan jumlah populasi ikan dan karang serta dengan adanya Transplantasi karang dapat dimanfaatkan untuk lokasi penyelaman (dive spot) menjadi lebih indah dan menarik sehingga dapat mendorong kenaikan jumlah wisatawan di Kabupaten Tanah Bumbu.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *