PEMANTAUAN KUALITAS LINGKUNGAN DAN PEMANTAUAN KUALITAS AIR PERMUKAAN

        

          Air merupakan komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan dan merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi, sehingga tidak ada kehidupan seandainya tidak tersedianya air dan udara di bumi. Menurut Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat, bumi mengandung air dengan persentasi 72% permukaan bumi tertutup oleh air diantaranya 97% air asin, 70% air berbentuk es dan kurang dari 1% air tawar.

       Air yang relatif bersih sangat didambakan oleh manusia, baik untuk keperluan hidup sehari-hari, untuk keperluan industri, untuk kebersihan sanitasi kota, maupun untuk keperluan pertanian dan lain sebagainya sedangkan udara bersih merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia seperti halnya manusia bernapas membutuhkan oksigen (O2) untuk bernapas.

      Salah satu badan air yang merupakan kekayaan sumberdaya air adalah sungai yang merupakan sebuah fenomena alam yang terbentuk secara alamiah dan merupakan suatu bentuk ekositem aquatic yang mempunyai peran penting dalam daur hidrologi yang berfungsi sebagai daerah tangkapan air (catchment area), penyimpan irigasi dan bahan baku air minum bagi daerah disepanjang alirannya, sehingga sungai sangat penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup dan lingkungan daerah di sepanjang alirannya.

      Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu memiliki Program Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan dengan Kegiatan Pemantauan Kualitas Lingkungan yang memiliki bentuk kegiatan berupa Pemantauan Kualitas Air Permukaan. Pemantauan Kualitas Air Permukaan merupakan salah satu upaya dalam menjaga kualitas air dengan melalui beberapa tahapan kegiatan untuk menghasilkan data Indeks Kualitas Air (IKA) yang akanmenjadi salah satu dasar dalam penentuan program dan kebijakan untuk menjaga kualitas air di Kabupaten Tanah Bumbu.

     Pada pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Kualitas Lingkungan, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup bekerja sama dengan pihak UPT Laboratorium Lingkungan Kabupaten Tanah Bumbu yang telah terakreditasi dalam hal pengambilan sample air dan pengujian parameter – parameter air permukaan.

    Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Kualitas Air Pada Tahun 2018 dilakukan pada 3 area Daerah Aliran Sungai (DAS) yaitu DAS Batulicin, DAS Kusan dan DAS Satui sedangkan untuk aliran sungai dilakukan pada 20 aliran sungai yaitu Sungai Angsana, Sungai Ata, Sungai Bakarangan, Sungai Baruna, Sungai Batu harang, Sungai Batulaki, Sungai Bening, Sungai Bunati, Sungai Dua 1, Sungai Dua 2, Sungai Jelamu, Sungai Jombang, Sungai Guntung, Sungai Mangkal Api, Sungai Mereh, Sungai Sebamban, Sungai Sela, Sungai Setarap, Sungai Pabilahan, Sungai Taras dan untuk pemantauan aliran air laut dilakukan pada aliran laut pelabuhan samudera dan pesisir pantai rindu alam.

Pengambilan Sample Air Permukaan
Pengambilan Sample Air Permukaan
Pengambilan Sample Air Permukaan
Pengambilan Sample Air Permukaan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *