DUTA LINGKUNGAN TANAH BUMBU MENJADI FINALIS DUTA LH DI TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

      Guna meningkatkan peran serta generasi muda Kalimantan dalam upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbutelah diutus Duta Lingkungan Kabupaten sebagai finalis Duta lingkungan ke Provinsi Kalimantan Selatan.  Duta Lingkungan tersebut diharapkan menjadi agen informasi dan sekaligus pelaku dalam menjaga, memelihara dan meningkatkan kualitas fungsi lingkungan hidup sesuai dengan amanat Undang-Undang N0. 32 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup tahun 2009 pada Pasal 70 ayat (1).

            Ajang pemilihan Duta Lingkungan Hidup tahun 2018 bertujuan untuk :

  1. Sebagai media kampanye dalam percepatan pelaksanaan pendidikan lingkungan di Kalsel pada umumnya dan Kab. Tanah Bumbu pada khususnya
  2. Memotivasi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan khususnya generasi muda Tanah Bumbu
  3. Membentuk juru bicara/agen sosialisai lingkungan dari kalangan generasi miuda kepada para stakeholder
  4. Mengfhasilkan pioner-pioner yang concern terhadap lingkungan sekaligus model/panutan kepada generasi muda lainnya

Pelaksanaan kegiatan pemilihan Duta LH di tingkat Prov. Kalsel pada tanggal 5 – 7 Juli 2018 di Banjarbaru, dimana Kabupaten Tanah Bumbu mengirimkan 1 (satu) orang perwakilan Duta LH yaitu an. Mutmainah.   Tim Penilai duta lingkungan terdiri dari berbagai sumber diantaranya Dinas LH provonsi, Akademisi Perguruan Tinggi, Media massa, Psikolog, pihak P3E Kalimantan.

Sebelum penilaian, semua peserta diberikan pembekalan pada tanggal 5 – 6 Juli 2018 tentang pengetahuan lingkungan hidup, tatacara berhias dan etika berbusana dari sponsor, kiat-kiat menjadi Duta LH dan pengembangan program serta kunjungan ke TPA Tabing Rimah di Kec. Mandastana Kab. Barito Kuala.  Penilaian meliputi tes kemampuan wawancara tentang pengetahuan lingkungan, bahasa Inggris, psikotest dan pemaparan makalah yang telah dibuat peserta dalam bahasa Indonesia yang baik serta dalam bahasa Inggris.  Grand final diselenggarakan pada tanggal 7 Juli 2018 di Balroom Q Dafam hotel Banjarbaru dengan tes menjawab pertanyaan secara langsung tentang pengetahuan lingkungan, kemampuan peserta secara psikologis apabila mengemban Duta lingkungan tingkat Provinsi serta menjawab pertanyaan yang diambil secara acak dalam berbahasa Inggris.

Dalam ajang tersebut, Mutmainah perwakilan Tanah Bumbu menjadi salah satu peserta dari 14 orang se-Kalsel yang masuk dalam 6 (enam) besar namun belum mendapat anugerah Duta LH Prov Kalsel karena hanya Juara 1, 2 dan 3 serta 1 Juara Favorit yang dipilih.

Melalui keikutsertaan Kabupaten Tanah Bumbu di ajang pemilihan Duta lingkungan tingkat Prov Kalsel diharapkan dapat menciptakan suatu upaya pelestarian lingkungan hidup seperti yang didambakan bersama.  Semoga partisipasi ikut ajang Duta lingkungan dapat menciptakan citra yang baik bagi Kabupaten Tanah Bumbu di masa yang akan datang serta didapatkannya calon/perwakilan atau individu yang membantu perpanjangan lidah Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu dalam membangun, mengkampanyekan dan menjadi motivator dalam upaya pelestarian lingkungan secara keseluruhan.

WhatsApp Image 2018-07-09 at 10.16.27(2)WhatsApp Image 2018-07-09 at 10.16.27

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *