PEMANTAUAN TAHAP AWAL KEGIATAN PENANGGULANGAN DAN PEMULIHAN PENCEMARAN (REHABILITASI SEMPADAN SUNGAI)

Pemantauan tahap awal hasil tanam merupakan salah satu tahapan dalam Kegiatan Penanggulangan dan Pemulihan Pencemaran yang dilaksanakan oleh Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau kondisi bibit bambu yang telah di tanam di area sempadan sungai satui yang nantinya dijadikan sebagai bahan analisa dan evaluasi terhadap persentase hidup bibit bambu tersebut.

Lokasi yang dipantau adalah lokasi area tanam yang terdiri area tanam tahap I dan tahap III yang berlokasi di Desa Sinar Bulan dan area tanam tahap II yang berlokasi di Desa Satui Barat dengan jumlah total luasan area sebesar 1 Ha. Pemantauan dilakukan melalui jalur sungai satui dikarenakan belum terbukannya akses jalan darat menuju lokasi area tanam dan selanjutnya dilakukan dengan penyusuran sepanjang area tanam melalui akses darat untuk menghitung jumlah bibit yang hidup dan bibit yang mati.

Dari hasil pemantauan didapatkan data – data bahwa bibit bambu pada daerah dataran rendah memiliki persentase kematian yang lebih tinggi daripada daerah dataran tinggi di area sempadan sungai dimana hal ini terindikasi disebabkan karena pengaruh bencana banjir bandang sungai satui yang menyebabkan bibit terendam dan mengalami pembusukan sehingga dengan data – data tersebut akan menjadi dasar pihak ketiga untuk menentukan lokasi dan jumlah bibit yang akan dilakukan proses penyulaman bibit.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *