Bimbingan Teknis Adiwiyata Kabupaten Tanah Bumbu

     Dalam rangka peningkatan pemahaman dan kesadaran dibidang Lingkungan untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah, salah satunya dilakukan melalui Bimbingan teknis dan Sosialisasi Program Adiwiyata Kabupaten Tanah Bumbu kepada sekolah.

Dasar pelaksanaan kegiatan adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata dan di Tanah Bumbu berdasarkan SK Bupati Nomor 188.46/69/DLH/2018, tanggal 29 Januari 2018 tentang Penetapan Tim Pembina Sekolah Adiwiyata Tahun 2018 dan SK Bupati Nomor 188.46/68/DLH/2018, tanggal 29 Januari 2018, tentang Penetapan Tim Penilai Sekolah Adiwiyata Tahun 2018.

Bimbingan teknis Adiwiyata dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Nopember 2018 bertempat di Ruang Rapat DLH Kabupaten Tanah Bumbu.  Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Bapak Rahmat Prapto Udoyo, S.Hut, MP. dengan narasumber dari DLH Propinsi Kalimantan Selatan, yaitu Bapak H. Benny Rahmadi, SKM, M.Kes (Kepala Bidang PSLB3K) , Ibu Hj. Hariyanie, SE, MM. (Kasi Kemitraan dan PSM) dan Bapak Muhammad Faisal, S.Pd. (Staf Bidang PSLB3K Prov. Kalsel).

Sasaran peserta bimbingan teknis adalah sekolah adiwiyata calon nasional mandiri, sekolah adiwiyata Nasional, sekolah adiwiyata propinsi dan sekolah adiwiyata Kabupaten serta sekolah yang belum menjadi adiwiyata sebanyak 30 sekolah.

WhatsApp Image 2018-12-01 at 16.14.47

Kenapa sekolah yang sudah masuk dan mau menjadi sekolah adiwiyata yang difokuskan ? Pertama karena sekolah adalah salah satu media untuk mendapatkan pendidikan lingkungan hidup yang mampu memberikan pengaruh positif terhadap perubahan kesadaran dan perilaku masyarakat dalam melakukan tindakan yang menguntungkan atau berpihak pada lingkungan hidup dan masyarakat luas dan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai wawasan lingkungan hidup kepada peserta didik dan masyarakat.

Kedua karena sekolah yang diundang diharapkan dapat meningkatkan prestasi penghargaan adiwiyatanya ke minimal satu tingkat lagi baik ke Adiwiyata Mandiri Nasional, Adiwiyata Nasional bagi sekolah adiwiyata tingkat Provinsi dan adiwiyata provinsi bagi sekolah adiwiyata kabupaten serta menjadi sekolah adiwiyata Kabupaten bagi yang belum adiwiyata, dimana yang terpenting adalah perubahan perilaku sekolah menjadi peduli dan berbudaya lingkungan.

Untuk itu diharapkan program Adiwiyata terus tumbuh dan berkembang seperti multi level marketing yang mampu mendorong dan membentuk sekolah-sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu agar dapat turut melaksanakan upaya-upaya pemerintah menuju pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Kegiatan juga dirangkai dengan serah terima bibit tanaman dari DLH Prov. Kalsel sebanyak 300 bibit kepada DLH Kabupaten Tanah Bumbu dan sekaligus langsung diserahkan pendistribusian bibit tersebut kepada 30 sekolah yaitu bibit pohon peneduh  berupa :trembesi 70 bibit, mahoni 70 bibit, bunga tanjung 70 bibit dan bibit pohon produktif berupa : manga 30 bibit, rambutan 30 bibit, klengkeng 20 bibit dan durian 10 bibit.

WhatsApp Image 2018-12-01 at 16.18.12

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *