Dinas Lingkungan Hidup Mengadakan Sosialisasi Penanaman Bambu di Kanan– Kiri Sungai Tahun2019

Batulicin– 14 Februari 2019 Penanaman  Bambu  di  Kanan  – Kiri Sungai Tahun 2019 merupakan kegiatan lanjutan Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Dinas Lingkungan Hidup dalam rangka kegiatan penanggulangan dan pemulihan sejak tahun 2018. Pada Tahun 2019, kegiatan penanaman bambu di kanan kiri sungai masih fokus pada rehabilitasi sempadan sungai satui yang terletak di area Desa Sinar Bulan, Desa Satui Barat dan Desa Satui Timur.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki dan mengembalikan fungsi sempadan sungai karena sempadan  sungai  merupakan  garis pembatas area aliran sungai dengan daratan yang rentan terjadi erosi akibat pengikisan aliran air sungai. Manfaat   kita   menjaga   sempadan   sungai   adalah   untuk   mencegah terjadinya  erosi  pada  tebing sungai,  sebagai  penyangga  aliran  air  untuk mencegah kebanjiran, meminimalisasi pencemaran terhadap air sungai dari kegiatan yang berada disekitar aliran sungai dan untuk menjaga ekosistem di aliran air sungai.

2

Sosialisasi penanaman bambu di kanan – kiri sungai yang diadakan pada tanggal 14 februari 2019 bertempat di Kantor Kecamatan Satui yang dihadiri oleh Pihak Kecamatan Satui, Desa Sinar Bulan, Desa Satui Barat dan Desa Satui Timur  serta  perwakilan  masyarakat sekitar sempadan bertujuan untuk memberikan informasi dan koordinasi terkait kegiatan penanaman bambu pada tahun 2019 dimana hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk memberikan kesadaran terhadap pentingnya menjaga area sempadan sungai satui.

Target penanaman yang akan dilakukan pada tahun 2019 adalah sebesar 4.6   Ha   dengan   jumlah   11.500   bibit   dimana   kegiatan   penanaman   akan melibatkan  secara  langsung  masyarakat  sekitar  sehingga  untuk  kedepannya akan dilakukan inventarisasi bersama – sama dengan Pihak Kecamatan Satui, Desa Sinar Bulan, Desa Satui Barat dan Desa Satui Timur terkait rencana area yang akan ditanam.

3

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *