UPT Laboratorium Lingkungan DLHK Kabupaten Kutai Kartanegara Prov. KalimatanTimurmelaksanakan Studi Banding terhadap penerapan ISO/IEC 17025:2017 di UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Tanah Bumbu

Batulicin- Selasa 12 Februari 2019 UPT Laboratorium Lingkungan DLHK Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan kunjungan keDinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu. Tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kutai Kartanegara di ketuai oleh Sekretaris DLHK Iryanto di terima oleh Sekretaris DLH Kabupaten Tanah Bumbu, Abdul Salam di Ruang Rapat Kantor DLH Kabupaten Tanah Bumbu.

Diskusi cukup hangat membahas tentang perjalanan panjang Laboratorium Lingkungan dalam usaha pencapaian meraih Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional dan registrasi Laboratorium Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup  dan Kehutanan.

Beberapa kiat-kiat terkait penyusunan dokumen mutu ISO/IEC 17025:2017 juga di bagikan untuk membantu mendapatkan referensi dalam rangka menyusun kelengkapan dokumen mutu. Penekanan utama adalah tentang implementasi dokumen yang disusun merupakan cerminan dari pelaksanaan kegiatan laboratorium secara nyata, yang merupakan penerapan dari masing-masing klausul dalam dokumen ISO/IEC 17025:2017.

Setelah pelaksanaan diskusi di ruang rapat DLH Kabupaten Tanah Bumbu, di lanjutkan mempelajari kegiatan teknis dan skema pembagian tugas personil teknis laboratorium. Informasi terkait teknis pengujian juga tidak kalah penting yang harus di perhatikan.

WhatsApp Image 2019-02-14 at 14.14.43

Di laboratorium lebih banyak informasi yang dapat di bagi baik tentang pembentukan organisasi, tentang penerimaan sampel, pengujian, belanja reagen, pelaporan, pelaksanaan audit serta hal-hal lainnya.

Pengelolaan limbah juga perlu diperhatikan guna mendukung pelaksanaan dan persyaratan laboratorium lingkungan.

Cita-cita yang ingin di capai oleh UPT Laboratorium Lingkungan DLHK Kabupaten Kutai Kartanegara dalam mencapai Akreditasi semoga dapat terlaksana dengan kerjasama dan sharing ilmu antar sesama laboratorium lingkungan, baik melalui forum laboratorium lingkungan ataupun melalui kegiatan-kegiatan serupa.

WhatsApp Image 2019-02-14 at 14.15.11

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *