INFORMASI Pelayanan pengaduan masyarakat

Salah satu jenis Pelayanan Standar Pelayanan Minimal Bidang (SPM) LH sesuai PERMENLH Nomor 19 Tahun 2008 Tentang SPM Bidang Lingkungan Hidup Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota dan PERMENLH Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Petunjuk Teknis SPM Bidang Lingkungan Hidup Daerah Provinsi dan Daerah Kabupaten/Kota, selain Pelayanan Pencegahan Pencemaran Air, Pelayanan Pencegahan Pencemaran Udara Dari Sumber Tidak Bergerak, Pelayanan Informasi Status Kerusakan Lahan Dan/Atau Tanah Untuk Produksi Biomassa, yaitu adalah Pelayanan tindak lanjut pengaduan masyarakat akibat adanya dugaan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup,

Dari jenis pelayanan SPM bidang LH tersebut, maka DLH Kab. Tanah Bumbu membentuk Pos Pelayanan Pengaduan Masyarakat, dibawah satu atap dengan kantor DLH Kab. Tanah Bumbu yang beralamat :

Kantor DLH Kab. Tanah Bumbu / POS PENGADUAN MASYARAKAT BIDANG LINGKUNGAN HIDUP .JALAN DHARMA PRAJA NO. 03 GUNUNG TINGGI KECAMATAN BATULICIN KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN 72171

TELP (FAX) : 0518 – 6076050

EMAIL : DLH.tanbu@gmail.com

 

 

Hal-hal yang terkait dengan Pelayanan tindak lanjut pengaduan masyarakat akibat adanya dugaan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup adalah :

  1. Pengaduan yang dapat ditindaklanjuti untuk proses awal adalah, jika pengadu mampu menunjukkan data berupa :
  • Nama jelas
  • Alamat jelas
  • Nomor telepon/HP yang bisa dihubungi
  • Lokasi dugaan sumber pencemar/perusakan lingkungan
  • Media yang diduga terjadi pencemaran/perusakan lingkungan

 

  1. Tahapan pelaksanaan Pelayanan tindak lanjut pengaduan masyarakat akibat adanya dugaan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup adalah :
  • Tim pengaduan setelah menerima laporan pengaduan menindaklanjutinya dengan melakukan rapat internal untuk telaah dan klasifikasi laporan pengaduan;
  • Hasil rapat internal dapat ditindaklanjuti dengan melakukan verifikasi lapangan apabila diduga kuat laporan tersebut termasuk kasus pencemaran dan/atau perusakan lingkungan;
  • Diluar dari kasus pencemaran dan atau perusakan lingkungan atau diluar dari kewenangan Kabupaten Tanah Bumbu, direkomendasikan untuk ditangani oleh instansi yang berwenang/terkait;
  • Dalam melakukan proses tindak lanjut pengaduan berupa verifikasi lapangan, pelapor dapat mendampingi Tim verifikasi;
  • Hasil verifikasi lapangan dituangkan dalam Berita Acara yang ditandatangani minimal dua pihak, yakni pihak terduga melakukan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan dan Tim verifikasi lapangan;
  • Jika terbukti melakukan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan ditindaklanjuti sesuai peraturan perundangan yang berlaku;
  • Hasil akhir proses pengelolaan pengaduan selanjutnya diinformasikan kepada pengadu yang ditembuskan kepada instansi terkait.