Peningkatan Kualitas dan Akses Lingkungan

PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS DAN AKSES INFORMASI SUMBER DAYA ALAM & LINGKUNGAN HIDUP

DLH KABUPATEN TANAH BUMBU

 

  • Program Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Tanah Bumbu dalam rangka penyusunan dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah dan Dokumen Menuju Indonesia Hijau (Tutupan Vegetasi) Kabupaten Tanah Bumbu. Kedua dokumen tersebut wajib disusun setiap tahunnya sebagai salah satu syarat Kabupaten/Kota penerima dana DAK-LH.
  • Dokumen SLHD dan Tutupan Vegetasi itu sendiri adalah suatu dokumen yang memuat data dan kajian dari segala aspek. Data tersebut diolah dan dianalisa sehingga dapat ditentukan status kondisi lingkungan hidup Kab. Tanah Bumbu setiap tahun. Dari status tersebut maka dapat diketahui tekanan/beban lingkungan yang ada dan selanjutnya melahirkan rekomendasi kebijakan dari berbagai sektor untuk mengatasi tekanan terhadap lingkungan hidup Kabupaten Tanah Bumbu dalam bentuk program/kegiatan baik itu yang dilaksanakan oleh DLH maupun instansi terkait.
  • Program tersebut dilaksanakan melalui kegiatan Pengembangan Data dan Informasi Lingkungan
  • Berikut target Program Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup selama 5 (lima) tahun sebagaimana termuat pada RENSTRA DLH tahun 2016-2021 :
Nama Program Indikator Program Target capaian tahun ke-
2016 2017 2018 2019 2020
Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup

 

Persentase Peningkatan Kualitas Data Primer dan Sekunder Kondisi Lingkungan Hidup

 

81% 85% 90% 90% 90%

 

  • Seperti pada periode RENSTRA DLH sebelumnya (tahun 2011-2015), untuk tahun 2016, penetapan target berdasarkan jumlah data sekunder dan primer yang harus dipenuhi dalam rangka penyusunan Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah(SLHD) Tanah Bumbu. Dari Juknis yang ada, jumlah data sesuai dengan format adalah 66 tabel data. Berdasarkan hasil evaluasi pengumpulan data tahun-tahun sebelumnya masih ada beberapa data yang bersumber dari dinas/instansi terkait yang masih belum dapat terisi maka penetapan target tahun 2016 adalah sebesar 81% atau sebanyak 53 data terisi sesuai dengan format.
  • Berdasarkan jumlah data sekunder yang tersedia pada Dinas/Instansi terkait maupun data primer yang diambil oleh DLH Kab. Tanah Bumbu untuk keperluan penyusunan Laporan SLHD Kab. Tanah Bumbu Tahun 2016, dari 66 tabel data yang ada, 54 tabel data diantaranya terisi atau terealisasi sebesar 82% melebihi target pengisian tabel data yang telah ditetapkan sebesar 81%.
  • Faktor utama capaian tahun 2016 dan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya adalah rutin dilaksanakan koordinasi antara DLH dengan dinas/instansi terkait untuk data yang diperlukan dalam rangka penyusunan laporan SLHD Kab. Tanah Bumbu. Dilaksanakan rapat koordinasi sebanyak 2 kali dalam setahun sangat berpengaruh pada peningkatan jumlah data sekaligus kualitas data yang diperoleh, meskupin pada tahun ini karena kondisi anggaran/defisit anggaran rapat koordinasi hanya dapat terlaksana 1 (satu) kali. Faktor lain yang juga sangat berperan adalah pelaksanaan pengumpulan data yang memang harus selalu di konfirmasi kepada dinas/instansi terkait setelah pelaksanaan rapat koordinasi. Diharapkan pada tahun mendatang jumlah dan kualitas data baik itu data primer yang tersedia pada DLH maupun data sekunder pada dinas/instansi terkait makin meningkat atau paling tidak selalu sesuai dengan target yang telah ditetapkan.