Pembinaan Program Kampung Iklim Tahun 2020 DLH Kabupaten Tanah Bumbu

BATULICIN – Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Melalui pelaksanaan ProKlim, Pemerintah memberikan penghargaan terhadap masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Tujuan Program Kampung Iklim

  • Mengidentifikasi kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta potensi pengembangannya di tingkat lokal
  • Memberikan pengakuan terhadap aksi lokal yang telah dilakukan masyarakat untuk mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim
  • Meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi variabilitas iklim dan dampak perubahan iklim
  • Tersedianya data kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim serta potensi pengembangannya di tingkat lokal yang dapat menjadi bahan masukan dalam perumusan
  • Mendorong penyebarluasan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah berhasil dilaksanakan pada lokasi tertentu untuk dapat diterapkan di daerah lain sesuai dengan kondisi wilayah dan kebutuhan masyarakat setempat

Syarat Desa Menjadi Proklim :

Lokasi Program Kampung Iklim yang dapat diusulkan adalah lokasi yang telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim selama lebih dari 2 tahun.

Pada Tahun 2020, Kabupaten Tanah Bumbu telah mendaftarkan 10 desa yang mengikuti Program Kampung Iklim melalui website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yaitu Sistem Registri Nasional. Diantaranya adalah Desa Sidomulyo Kec. Mantewe, Desa Pandansari Kec. Karang Bintang, serta ada 8 desa binaan dari PT. Borneo Indobara yang juga masuk dalam Program Kampung Iklim Tahun 2020 yaitu Desa Wonorejo Kec Satui,  Desa Angsana, Desa Sumber Baru, Desa Mekar Jaya, Desa Banjarsari, Desa Purwodadi Kec. Angsana, Desa Sebamban Lama Kec. Sungai Loban dan Desa Tibarau Panjang Kec. Kusan Hulu.

Persiapan Verifikasi Proklim

  • Identifikasi kerentanan dan resiko perubahan iklim
  • Identifikasi sumber emisi dan serapan GRK
  • Pengembangan dan Peningkatan kapasitas masyarakat dan kelembagaan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim
  • Penyusunan rencana aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim tingkat lokal berbasis masyarakat
  • Pelaksanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim tingkat lokal berbasis masyarakat
  • Peningkatan kapasitas akses sumberdaya pendanaan, teknologi adaptasi mitigasi perubahan iklim pada kampong iklim
  • Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim

Pada Tahun 2019 Desa Batulicin Irigasi Kabupaten Tanah Bumbu menjadi salah satu Kabupaten dari tiga Kabupaten lainnya mewakili Provinsi Kalimantan Selatan penerima penghargaan Program Kampung Iklim Tingkat Nasional dengan Kategori Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Target selanjutnya untuk Desa Batulicin Irigasi bisa mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim Tingkat Nasional dengan Kategori Proklim Lestari dan bisa mengembangkan minimal 10 Desa binaan. Bupati Tanah Bumbu pada Tahun 2019 juga menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena kebijakannya mendukung Program Kampung Iklim di Kabupaten Tanah Bumbu dengan menghimbau semua desa dan kelurahan untuk menerapkan program Kampung Iklim.

Dari awal tahun 2020 hingga saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu terus melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap proklim-proklim yang ada di seluruh Kabupaten Tanah Bumbu. Pada bulan Juli ini Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu berencana melakukan pembinaan ke 10 Desa yang telah terdaftar dalam Sistem Registri Nasional Program Kampung Iklim Tahun 2020.

Pada awal bulan Juli ini Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu telah  melakukan pembinaan ke Desa Sidomulyo Kec. Mantewe dalam rangka persiapan verifikasi penilaian Program Kampung Iklim Tahun 2020.

WhatsApp Image 2020-07-20 at 11.30.26(1)

“Melakukan tinjau lapang pada lokasi embung di Desa Sidomulyo yang merupakan bentuk dari upaya adaptasi perubahan iklim yang ada di Desa tersebut”

WhatsApp Image 2020-07-20 at 11.30.26(2)

“Sawah Tadah Hujan juga merupakan merupakan bentuk dari upaya adaptasi perubahan iklim yang masuk dalam komponen peningkatan ketahanan pangan di Desa Sidomulyo Kec. Mantewe”

 

You May Also Like