Pelaksanaan Remote Asesmen UPTD Laboratorium Lingkungan oleh Komite Akreditasi Nasional

BATULICIN – UPTD Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Tanah Bumbu telah terakreditasi sejak tahun 2012. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan pengujian sampel kualitas lingkungan, selalu di pantau oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) melalui proses penilaian kesesuaian, baik asesmen, survailen maupun melalui penilain witness/unjuk kerja.

WhatsApp Image 2020-09-07 at 16.20.45

Pelaksanaan penilaian tersebut, pada periode tahun 2020 mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 atau Virus Corona. Sehingga, berdasarkan keputusan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) Nomor : 001/KAN/03/2020, tentang : Kebijakan Komite Akreditasi Nasional Terkait Antisipasi Dampak COVID-19 Terhadap Proses Akreditasi dan Penilaian Kesesuaian, maka pelaksanaan penilaian kesesuaian di lakukan secara online atau remote asesmen.

Pelaksanaan remote asesmen cukup menarik, karena seluruh dokumen mutu ISO/IEC 17025:2017 beserta dengan seluruh rekaman implementasinya di scan, sehingga assessor akan menerima seluruh berkas pada waktu yang telah ditentukan, sebelum pelaksanaan.

Kegiatan dimulai dengan opening meeting, dipimpin oleh Kepala Asesor Bp. Wusmin Tambunan dan di lanjutkan dengan pembacaan agenda kegiatan selama 1 hari penuh. Pelaksanaan kegiatan berlangsung via zoom meeting. Selajutnya Tim di laboratorium di bagi menjadi 3 kelompok, yaitu bagian manajemen, tanah dan mikrobiologi dengan asesor Bp. Wusmin Tambunan, bagian udara dan iklim kerja bersama dengan asesor Bp. Wisnu Eka Yulianto dan bagian pengujian air dan laboratorium lingkungan  dengan asesor Ibu Alfrida Ester South.

Selama kegiatan berlangsung, ketiga asesor menemukan 19 (Sembilan belas) ketidaksesuaian pada implementasi IEC/ISO 17025:2017 dengan kategori 2 (dua). Pelaksanaan perbaikan dari temuan ketidaksesuaian diberi waktu 2 (dua) bulan sampai dengan tanggal 27 September 2020. Sampai saat ini, laboratorium masih melaksanakan perbaikan, sehingga di harapkan mampu memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan dalam bidang pengujian kualitas lingkungan.

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh pihak, baik seluruh personil Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup, Asesor dan Komite Akreditasi Nasional, serta seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini, hingga kegiatan survailen dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Besar harapan kami, setelah menyelesaikan temuan ketidaksesuaian, UPTD laboratorium Lingkungan, DLH Kab. Tanah Bumbu, dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

WhatsApp Image 2020-09-07 at 16.20.46(1)

You May Also Like