Monitoring dan Evaluasi TPS3R

BATULICIN – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu bersama Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Selatan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle) yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Di Kabupaten Tanah Bumbu sampai dengan Tahun 2020 sudah ada 6 (enam) TPS3R yang tersebar di beberapa kecamatan yakni TPS3R Mappesa di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat, TPS3R Bina Banua di Desa Barokah Kecamatan Simpang Empat, TPS3R Harta Karun di Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, TPS3R Karya Bersama di Desa Karang Indah Kecamatan Angsana.  Sedangkan TPS3R Ar Rahmah di Desa Sepunggur dan TPS3R Sirenreng di Desa Batuah keduanya berada di Kecamatan Kusan Hilir masih dalam tahap penyelesaian pembangunan sarana prasarana serta peningkatan kapasitas KPP (Kelompok Pemenfaat dan Pemelihara) TPS3R dan akan segera di operasikan pada tahun ini.

Dari hasil monitoring dan evaluasi di lapangan semua TPS3R tidak ada yang mangkrak, namun untuk pemanfaatan sampah organik masih minim, karena hanya ada satu TPS3R yang melaksanakan. Kondisi ini disebabkan kerusakan alat pengolahan sampah organik yang ada di TPS3R.

Menyikapi hal ini perlu dilakukan koordinasi lebih lanjut untuk menyelesaikan permasalahan kerusakan tersebut.

You May Also Like